Rabu, 21 Januari 2009

Ulasan UAS


Pengertian Sistem Informasi Nasional

Sistem Informasi Nasional adalah suatu sistem yang mengola, mengolah dan mempertanggung jawabkan seluruh data yang ada di dalam suatu negara secara keseluruhan.

Seluruh data tersebut ditampung di dalam sebuah bank data yang nantinya dapat mempermudah dalam mengakses data di suatu negara yang bersangkutan.



Penilaian SI Nas Indonesia saat ini

Ada dua faktor utama yang perlu diperhitungkan dalam strategi pengembangan SI Nas yaiut, SDM yang berkualitas dan alternatif sstem atau teknologi yang digunakan.

Menurut pendapat saya, SI Nas di Indonesia saat ini kurang berkembang dikarenakan banyaknya SDM yang mampu tapi tidak didukung oleh pemerintah. Selain itu, infrastruktur SI Nas di Indonesia belum mendukung. Seperti jaringan komputer yang terbatas yang menyebabkan adanya penggalian lubang kabel yang dilakukan berulang-ulang dll.

Mungkin itu akibat kebijaksanaan pemerintah yang mengembil keputusan hanya berdasarkan argumentasi tanpa didukung oleh data yang lengkap.



Harapan tentang SI Nas Indonesia dalam 3 tahun kedepan

- Terciptanya SI Nas dengan Teknologi yang memadai

- Dibuatnya Bank Data dengan sistem keamanan yang terjamin

- Berpartisipasinya Profesional IT dalam pengembangan SI Nas



Upaya yang perlu dilakukan

- Adanya dana yang tersedia

- Adanya dukungan Pemerintah

- Berpartisipasinya Profesional IT yang berkualitas



Pengelolaan SI Nas

Dibentukanya BUMN IT sebagai pengelola semua kebutuhan pengolahan data Negara. Dengan demikian dapat dikatakan sebagai server negara, karena BUMN IT sebagai pusat pengolah data-data dari seluruh penjuru negri. Dengan diberdayakannya Bank Data, BUMN IT dapat menyimpan seluruh data-data penjuru negri ini. Keuntungan dibangunnya BUMN IT adalah seluruh data-data dari penjuru negri dikelola secara terpusat tanpa campur tangan pihak lain, sistem keamanan sudah pasti terjamin karena memperkerjakan profesional IT yang berkualitas dan dana yang dibutuhkan dapat diminimalkan.

Tidak ada komentar: